Perbedaan Flashdisk dan Harddisk yang Paling Mencolok

Perbedaan Flashdisk dan Harddisk yang Paling Mencolok

Perbedaan Flashdisk dan Harddisk. Tentunya semua orang mengetahui harddisk dan flashdisk ini baik dari segi kapasitas, harga maupun modelnya. Secara umum harddisk dan flashdisk memang memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan sementara.

Namun, meski memiliki fungsi yang sama, ada juga yang membuat kedua perangkat keras penyimpanan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan selain dari bentuknya. Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai perbedaan hardisk dan flashdisk, saya akan ceritakan dulu sedikit tentang hardisk dan flashdisk.

Kita mulai dari flash dulu. Orang biasa menyebut flashdisk ini sebagai USB driver, Pen Drive, Pocket Drive atau microdisk karena bentuknya yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Dulu ketika flashdisk awalnya dibuat masih berukuran 1-2 Gb dan sekarang kapasitas paling tinggi adalah flashdisk dengan kapasitas 128 Gb. Ini hampir setara dengan harddisk dan harganya sekitar 600 lebih. Tergantung merk flashdisk itu sendiri.

Tentang hard drive. Harddisk pasti tahu kan? Sepotong perangkat keras yang berbentuk persegi dan mampu menyimpan file hingga 1 Terabyte (TB).

Namun untuk kapasitas sebesar ini harganya bisa mencapai 1 jutaan lebih. Jika anda memiliki kelebihan, saya sarankan untuk dapat memiliki harddisk ini untuk dapat menyimpan file yang sangat besar sekalipun.

Sekarang kita akan membahas perbedaan antara kedua perangkat ini.

Perbedaan Hardisk Dan Flashdisk

  • Perbedaan Hardisk Dan Flashdisk : Kapasitas Penyimpanan

Harddisk di masa lalu memang memiliki kapasitas yang sangat besar dibandingkan dengan flashdisk. Namun karena di era yang sangat maju ini, banyak produsen flash drive yang menciptakan perangkat kecil yang memiliki kapasitas hampir setara dengan hard drive.

Ada 2 jenis hard disk. Yaitu hardisk internal yang dicolokkan ke motherboard dan hardisk eksternal yang bisa Anda bawa kemana saja. Namun, dibandingkan dengan flash drive, hard drive sulit dimasukkan ke dalam saku. Kalaupun bisa dimasuki hanya akan membuat anda merasa ribet.

baca juga : Cara Mengatasi Virus Komputer tanpa Install Ulang

  • Perbedaan Hardisk Dan Flashdisk : Daya Tahan Penggunaan

Dari segi ketahanan, harddisk masih kalah dengan flashdisk. Coba lepas Harddisk dan Flashdisk dan lihat mana yang lebih dulu rusak. Yang jelas hardisk akan cepat rusak jika di bandingkan dengan flashdisk.

Hard drive sekarang hampir sama dengan flash drive. Sebab, dengan adanya harddisk eksternal ini, kini harddisk bersifat non-volatile, yaitu data Anda dapat disimpan walaupun tidak ada aliran listrik.

Hard drive dapat menyimpan sistem operasi (OS) sementara flash drive tidak bisa. Namun, untuk dapat menyimpan sistem operasi yang terpasang, Anda hanya dapat menggunakan hard drive internal, yaitu hard drive yang dicolokkan ke motherboard komputer atau laptop.

  • Harga

Dari segi harga sudah saya jelaskan di atas bahwa harga harddisk lebih mahal dari flashdisk. Baik dari kapasitas terkecil hingga kapasitas terbesar.

  • Bentuk Fisik

Dari segi fisik, flashdisk memiliki beragam bentuk unik yang mampu menarik perhatian calon pembeli. Jika hardisk hanya memiliki 1 bentuk yaitu bentuk persegi. Dan menurut saya, sampai kapan pun harddisk tersebut masih akan memiliki 1 bentuk saja. Mudah-mudahan bisa ada inovasi, baru dari segi fisik.

Itulah beberapa hal yang dapat saya simpulkan untuk anda mengenai Perbedaan Hardisk Dan Flashdisk.

Jika Anda ingin memiliki kepraktisan seperti bisa membawa data penting kemanapun Anda berpergian. Saya sarankan memilih hard drive eksternal. Namun, jika tidak ingin ribet dan ingin tetap simpel, gunakan flashdisk sebagai media penyimpanan yang bisa diletakkan di mana saja. termasuk di saku celana atau saku baju dengan sangat praktis tanpa harus mengganggu aktivitas Anda.

semoga informasi Perbedaan Hardisk Dan Flashdisk ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

One Comment to “Perbedaan Flashdisk dan Harddisk yang Paling Mencolok”

Leave a Reply