Cara Menghemat Baterai Laptop biar Bisa Tahan Lama dan Awet

Cara Menghemat Baterai Laptop biar Bisa Tahan Lama dan Awet

Cara Menghemat Baterai Laptop. banyak dari kita khususnya para pengguna laptop sering melupakan beberapa hal yang menyebabkan baterai laptop cepat habis. Karena yang kita tahu laptop adalah perangkat portable, dan tentunya karena sifatnya yang portable maka kita harus menggunakan baterai untuk menyalakannya.

Biasanya sebagian dari Anda tidak lagi menyalakan laptop menggunakan baterai, melainkan langsung menancapkan charger ke laptop. Memang ini adalah kepraktisan laptop selain bisa digunakan tanpa baterai.

Tapi, apa gunanya disebut perangkat portabel jika baterainya sering tidak digunakan. Hal seperti ini biasanya terjadi jika baterai sudah benar-benar bocor. Maka dari itu saya akan coba share lagi cara menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis

Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

1. Lakukan pembersihan laptop secara rutin

Hal yang satu ini pasti jarang dilakukan orang. Mereka hanya terus mengucapkan kata-kata “Nanti saya bersihkan”. Dengan mengucapkan kata-kata tersebut mereka lupa bahwa semakin banyak debu yang menempel atau tersimpan di laptop Anda. ini hanya akan membuat lubang ventilasi laptop tersumbat debu.

Dengan adanya lubang ventilasi yang tersumbat akan memicu laptop menjadi panas dan membuat kipas bekerja sangat keras sehingga baterai akan cepat habis dan bocor. Selain itu, kemungkinan juga akan terjadi kerusakan pada baterai laptop Anda.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Bagi anda yang tidak ingin baterai laptop anda cepat habis, saya sarankan anda bisa sedikit menurunkan tingkat pencahayaan laptop. Hal ini terbukti menghemat daya baterai laptop Anda sehingga tidak cepat habis.

Cara Menghemat Baterai Laptop biar Tahan Lama

3. Gunakan Mode Tidur pada Waktu yang Tepat

Hal yang harus Anda ketahui itu. Saat laptop Anda dihidupkan, prosesnya menghabiskan banyak daya baterai. dan saat Anda sudah lama tidak menggunakannya, gunakan mode tidur saat mematikan laptop. Saat laptop mati dalam mode tidur, laptop hanya menggunakan sedikit daya baterai untuk menghemat uang.

Semua file atau program yang terbuka saat laptop dalam mode sleep, hanya akan disimpan sementara di memori. dan itu artinya file-file tersebut akan tetap ada walaupun laptop dihidupkan kembali. Ini adalah cara untuk menghemat baterai Anda.

Tapi, tips ini dilakukan saat laptop hanya ditinggal sementara. Jika Anda meninggalkan laptop dalam waktu lama, lebih baik gunakan menu Shutdown saja.

baca juga : Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi

4. Selalu Tutup Program yang Tidak Perlu

Ketika Anda membuka suatu program, Anda tidak menyadari bahwa program tersebut telah menghabiskan beberapa persen daya baterai Anda. Jika Anda membuka banyak program secara bersamaan, itu akan menguras baterai laptop Anda.

Saran saya adalah selalu tutup program yang tidak Anda perlukan, terutama program yang berjalan tanpa terlihat. Dan untuk melihatnya anda bisa ke Task Manager.

Cara Menghemat Baterai Laptop biar Awet

5. Hindari penggunaan CD/DVD

CD/DVD-Rom saat beroperasi, akan menghabiskan banyak daya baterai. Apalagi jika habis dipakai lalu kaset CD/DVD ditinggal di dalam. Dan saat laptop dinyalakan kembali, akan terjadi penggunaan baterai 2x lipat dari sebelumnya. Karena pada saat proses startup Windows berjalan sangat memakan daya baterai.

oleh karena itu gunakan CD/DVD-Rom seperlunya saja, dan setelah digunakan keluarkan kaset CD/DVD yang ada di space tersebut. Tindakan ini akan sangat bagus untuk dapat menghemat daya baterai Anda.

Itulah beberapa tips dan cara menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis. Ada juga banyak cara lain untuk menghemat. Tetapi untuk yang paling penting adalah apa yang saya tulis di atas. Semoga 5 cara menghemat baterai di atas bisa bermanfaat buat kamu.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar semua orang dapat merasakan manfaatnya.

Cara Menghemat Baterai Laptop yang benar

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply