Cara Memperbaiki Printer yang Tidak Bisa Mencetak Dokumen

Cara Memperbaiki Printer yang Tidak Bisa Mencetak Dokumen

Printer merupakan salah satu alat produksi atau output yang merupakan salah satu bagian dari Komponen Komputer itu sendiri, yaitu input dan output. Printer merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, baik mahasiswa dan juga pekerja kantoran yang terbiasa membuat laporan pekerjaan dan lain-lain.

Nah teman-teman komputer, seringkali printer rusak dengan sendirinya baik pada saat pengeluaran maupun proses pencetakan dokumen. Yang sering terjadi adalah printer tidak bisa mencetak dokumen sama sekali.  Sehingga dokumen yang diinput dari komputer tidak bisa dicetak dengan baik atau bahkan tidak bisa keluar dari printer sama sekali.

Berikut ini saya akan memberikan solusi untuk masalah Anda mengenai printer yang tidak dapat mencetak dokumen sama sekali. berikut ini Langkah-langkah untuk memperbaiki Printer yang tidak bisa mencetak dokumen.

Cara Memperbaiki Printer yang Tidak Bisa Mencetak

  • Tahap pertama :

Untuk tahap pertama ini anda bisa mengosongkan bagian Print Queue dimana bagian ini merupakan pengaturan bahwa ketika menginstall printer baik pada laptop anda atau pada PC anda, nah bersihkan bagian terlebih dahulu Antrian Print ini agar proses cetak dapat berjalan dengan baik.

Apa tujuan mengosongkan bagian ini?  Artinya, Anda dapat membatalkan semua dokumen yang telah Anda cetak sebelumnya. Cara ini memang sangat akurat sehingga semua dokumen tidak bekerja 2 kali jika printer sudah selesai. Nah setelah anda cancel anda bisa mencoba printer tahap kedua apakah sudah berjalan dengan baik atau belum. Jika tidak ada kemungkinan kerusakan lain pada printer Anda.

  • Tahap Kedua :

Langkah kedua ini Anda dapat pergi ke services.msc. Sekarang untuk melanjutkan ke tahap berikutnya Anda klik tombol windows + R. Kemudian ketik services.msc di bidang run.  Klik enter dan menu baru akan terbuka, menu baru ini berisi sejumlah  pengaturan Hardwere yang masuk ke komputer dan laptop Anda. Gulir ke bawah dan cari menu Print Spooler, sekarang jika Anda menemukannya, Anda tidak hanya menonaktifkannya dengan membatalkan.

Sekarang ingat jangan keluarkan spooler terlebih dahulu, langkah yang harus anda lanjutkan adalah masuk ke sini dulu C:\Windows\system32\spool\printers.  Kemudian Anda akan melihat beberapa dokumen yang tertunda karena printer gagal mengeluarkan dokumen, Klik CTRL + A dan hapus dengan DELETE.

  • Tahap Ketiga

anda masuk lagi ke menu Spooler, lalu klik Right, Start lalu tutup menu spooler. Dan silahkan coba cetak dokumen lagi apakah sudah berjalan lancar atau belum.

Nah, silahkan coba lagi, mungkin ada baiknya jika anda me-restart komputer atau PC anda terlebih dahulu agar pengaturannya benar-benar tersimpan dengan baik, nyalakan kembali komputer atau Pc dan coba cetak dokumen yang sama atau dokumen lain terlebih dahulu.

Periksa kondisi cetakan baik tinta dan juga pengaturan kertas apakah berjalan dengan baik atau tidak. Jika semuanya sudah selesai, silakan coba cetak gambar atau Teks.

Nah, itulah postingan pertama tentang cara mengatasi cetakan yang tidak bisa mengeluarkan dokumen atau mengolah hasil data.

Dari pengalaman saya, sering ada masalah seperti itu , dengan melakukan metode di atas printer harus selesai. Dan jika printer masih mengalami kendala lain, cobalah untuk membawanya langsung ke tempat service printer.

Untuk masalah lain mengenai kerusakan printer, saya akan membahasnya di posting saya berikutnya. Jadi tetap berlangganan blog ini agar teman-teman komputer tidak ketinggalan informasi terbaru dari blog ini.

Jangan lupa untuk menyukai dan membagikan artikel ini jika anda merasa artikel ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply